Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Senin, 08 Desember 2014

Jaringan Saraf Pada Manusia dan Hewan

Jaringan saraf pada manusia tersusun atas sel-sel saraf neuron, yang bentuknya bercabang-cabang. Sel saraf berfungsi untuk mengantarkan impuls dan ransangan dari otak ataupun ke otak. Berikut penjelasan mengenai jaringan saraf.

ads

Jaringan Saraf Pada Manusia dan Hewan

Bentuk Sel Saraf


Sel saraf terdiri atas akson, dendrit, dan inti sel. Akson merupakan cabang saraf panjang sedangkan dendrit merupakan percabangan saraf pendek. Inti sel terdapat pada tubuh sel saraf (badan Nissl), badan sel sendiri berfungsi menerima implus dari dendrit untuk meneruskan rangsangan ke kelenjar otot atau sel saraf lainnya. 

Akson diselubungi oleh selubung mielin (selubung mielin dibentuk oleh sel Schwann) dan bagian akson yang tidak diselubungi mielin disebut nodus ranvier. Denrit berfungsi sebagai penerima rangsang yang selanjutnya rangsang tersebut diubah menjadi impuls. Pada ujung akson terdapat sinapsis sebagai penghubung antara neoron yang satu dengan neuron yang lain. Kumpulan sel saraf disebut ganglion.

Jenis-jenis Sel Saraf

Berikut jenis-jenis sel saraf berdasarkan fungsinya.

Neuron Sensorik

Badan selnya bergerombol membentuk ganglion, aksonnya pendek sedangkan dendritnya panjang. Sel Neuron Sensorik ini berfungsi sebagai pembawa impuls dari sel saraf yang menerima rangsang (reseptor) ke sistem saraf pusat.

Neuron Motorik

Neuron ini memeiliki dendrit pendek dan akson panjang. Neuron ini berfungsi membawa atau meneruskan impuls dari sistem saraf pusat ke efektor atau organ gerak (otot dan kelenjar)

Neuron Konektor

Neuron ini memiliki dendrit yang pendek , aksonnya ada yang panjang dan ada yang pendek. Berfungsi menghantarkan rangsang dari neuron sensorik ke neuron motorik.

Sekian pembahasan mengenai jaringan saraf pada manusia, jaringan saraf inilah yang menyusun sistem saraf yang selanjutnya menyusun dan merangsang kerja anggota tubuh lain. Semoga membantu dan terima kasih.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Jaringan Saraf Pada Manusia dan Hewan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top