Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Rabu, 14 Januari 2015

Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit

Pernah mendengar istilah kredit dan debit? Jika Anda sering ke bank atau peminatan IIS sudah pasti tidak asing dengan kedua kata ini. Ya, kali ini kita akan coba mengungkap pengertian dan perbedaan dari kredit dan debit secara lugas dan bersahaja. Kata kuncinya adalah kredit adalah meminjam, dan debit adalah potongan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut.

ads

Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit

Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit
Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit

Pengertian Kredit

Pengertian kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan pada jangka waktu yang telah disepakati.

Sementara itu pengertian kredit berdasarkan Undang – Undang Pokok Perbankan No. 7 Tahun 1992 yang menyatakan bahwa kriteria adalah penyediaan uang / tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan / kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sebagai imbalan.

Kita sering mendengar tentang kartu kredit yang disediakan oleh bank bagi orang-orang dengan penghasilan tertentu, itu merupakan contoh sebuah kredit.

Manfaat Kredit

Manfaat kredit sebgai berikut.
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna daru modal
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna suatu barang
  • Kredit sebagai alat stabilitas ekonomi
  • Kredit sebagai jembatan untuk meningkatkan pendapatan nasional

Pengertian Debit

Pengertian debit adalah pengurang deposito pada rekening bank atau catatan pada pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau me­ngurangi jumlah kewajiban. Selain itu debit juga berarti piutang.

Kartu ATM merupakan salah satu contoh debit.

Perbedaan Kredit dan Debit

Setelah mengetahui pengertian kredit dann debit sudah nampak jelas perbedaan keduanya. Kredit bersifat pinjaman, sedangkan debit bersifat piutang atau pinjaman.

Sekianlah, pembahasan tentang Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

5 Komentar Pengertian dan Perbedaan Kredit dan Debit

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top