Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 22 Maret 2015

RAHASIA Mudah Memahami Contoh Paragraf Narasi Singkat

Pergilah Adi ke pasar menggunkan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.
Paragraf di atas adalah salah satu contoh dari paragraf narasi, paragraf narasi bersifat menceritakan suatu hal berdasarkan sebuah kronologi kejadian atau peristiwa. Ini adalah salah satu contoh pokok bahasan kita hari ini mengenai Contoh Paragraf Narasi.
ads

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Terdapat lima macam paragraf dalam sebuah teks yakni paragraf narasi, paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, dan paragraf persuasi.
Contoh Paragraf Narasi
Contoh Paragraf Narasi
Contoh Paragraf Narasi

Berikut ini contoh paragraf narasi
Pergilah Adi ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.
Dari contoh paragraf narasi di atas, tokoh bernama Adi diceritakan mengalami peristiwa, yakni pergi ke pasar, membeli belanjaan, dan pulang dari pasar. Tiga peristiwa ini runtut atau berbentuk kronologi. Jadi paragraf narasi adalah bentuk paragraf yang menceritakan suatu kejadian berbentuk kronologi atau sesuai runtut waktu.

Belum cukup rasanya jika hanya satu contoh paragraf narasi saja. Baiklah, selain contoh paragraf narasi di atas berikut ini diuraikan beberapa contoh paragraf narasi lainnya.

Contoh Paragraf Narasi 2
Pagi yang cerah bagi Lyla untuk mencari kayu bakar di hutan, berangkatlah ia bersama Sang Kakek menuju hutan yang lebat. Di tengah perjalanan menuju tujuan Lyla melirik ke seluruh sisi hutan, maklum ini pengalaman pertama kalinya pergi ke hutan. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, suara-suara hewan terdengar nyaring, tampaknya Lyla mulai agak takut.
Contoh Paragraf Narasi di atas menceritakan Lyla bersama sang kakek berangkat menuju hutan, kemudian di tengah perjalanan Lyla kagum melihat seisi hutan, dan di akhir diceritakan saat mereka sampai di tengah hutan Lyla takut dengan suara-suara hewan hutan.

Contoh Paragraf Narasi 3


Hal yang rumit untuk dilupakan bagi Tiara, hari ini ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas, begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu. Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.
Paragraf Narasi di atas adalah contoh terakhir sebagai penutup pada pembahasan mengenai contoh paragraf narasi. Contoh di atas menceritakan Tiara yang diberi kejutan oleh teman-temannya, mulai dari tingkah laku yang aneh sampai pemberian kue ulang tahun pada Tiara. Semoga bermanfaat Anda juga dapat melihat contoh teks narasi dalam bahasa inggris atau contoh narrative text.
dinna fauziah
smk ika kartika
azzahrafauziah821@gmail.com
Pertanyaan
bagaimana pemahaman teks kebahasaan TCU




Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar RAHASIA Mudah Memahami Contoh Paragraf Narasi Singkat

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top