Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 18 Agustus 2016

Contoh Ikhfa Syafawi 3

Sebenarnya ada berapa macam hukum bacaan mim sukun bertemu huruf hijaiyah? Hukum mim mati atau mim sukun ada tiga, yaitu idgham mutamatsilain, idzhar syafawi, dan ikhfa syafawi. Ketiganya mempunyai syarat tersendiri dan cara membacanya juga berbeda-beda. Kali ini kami akan membahas mengenai ikhfa syafawi dan contoh ikhfa syafawi dalam Al Qur'an. Untuk hukum lainnya, akan kami bahas pada artikel mendatang.
Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh Ikhfa Syafawi 3

Ikhfa syafawi terjadi ketika mim mati bertemu dengan huruf ba'. Ikhfa sendiri menurut bahasa mempunyai arti menyembunyikan. Sedangkan menurut istilah tajwid disertai dengan dengung. Jadi cara membaca ikhfa syafawi adalah harus dibunyikan samar-samar di bibir dengan didengungkan. Berikut contoh ikhfa syafawi dalam ayat suci Al Qur'an.

Bacaan ikhfa syafawi bisa Anda temukan dalam surah An Nisa ayat 146 yang bunyinya dinahum lillah. Contoh ikhfa syafawi lainnya bisa dijumpai ketika Anda membaca surah Al Mu'minun ayat 55. Tepatnya dalam lafal numidduhum bihii. Kemudian ada pula di ayat 58 yang bunyinya wallaziina hum bi'aayaati. Dalam Al Mu'minun ayat 64 juga ada hukum ikhfa syafawi. Penggalan ayat tersebut berbunyi mutrofiihim bil 'azaab.

Nah, demikian tadi beberapa contoh yang bisa kami berikan. Semoga ulasan singkat ini dapat menambah pengetahuan anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih telah menyempatkan membaca.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Ikhfa Syafawi 3

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top