Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 18 Agustus 2016

Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

Assalamu'alaikum sahabat muslim yang disayang Allah. Semoga Anda dalam keadaan sehat wal afiat. Allah SWT berfirman jika Anda mempunyai ilmu maka bagilah pada orang lain agar bermanfaat. Untuk itu kali ini kami akan berbagai ilmu mengenai hukum tajwid, salah satunya adalah hukum bacaan ikhfa syafawi. Baiklah tidak perlu berlama-lama, mari kita simak pengertian mengenai ikhfa syafawi dan contoh ikhfa syafawi.
Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

Dinamakan ikhfa syafawi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf Bak. Ikhfa sendiri bermakna samar sedangkan syafawi berarti bibir. Huruf Mim termasuk dalam huruf swafawiyyah atau huruf yang keluar dari bibir. Jadi apabilan Mim sukun bertemu dengan huruf Bak, maka suara Mim sukunnya harus dibaca samar antara Mim dan Bak. Kemudian ditahan kira-kira dua ketikan sambil mengeluarkan suara dengung. Contoh ikhfa syafawi berikut dapat membantu penjelasan tersebut.

Ada banyak contoh ikhfa syafawi dalam surat Al Qur'an. Mulai dari surat pendek hingga surat dengan ayat yang cukup panjang. Salah satu contohnya bisa Anda temui dalam surat Al Fiil ayat 4. Kemudian bacaan ikhfa syafawi lain bisa Anda jumpai dalam surat Al Baqoroh ayat 33.

Anda bisa lihat langsung dalam al Qur'an. Demikian penjelasan singkat mengenai hukum ikhfa syafawi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan Wassalamu'alaikum.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top