Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Selasa, 16 Agustus 2016

Contoh Qalqalah Sugra

Al Qur'an sebagai wahyu dari Allah yang diturunkan untuk Nabi Muhammada SAW menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat Islam. Karena itulah membaca Al Qur'an harus baik dan benar agar tidak salah juga dalam mengartikan. Anda harus mengetahui berbagai ilmu tajwid dan mepelajarinya dengan baik. Salah satunya adalah hukum bacaan qalqalah. Berikut akan kami bagikan pengertian qalqalah dan contoh qalqalah untuk anda.
Contoh Qalqalah





Contoh Qalqalah Sugra

Qalqalah secara harfiah atau bahasa mempunyai arti getaran memantul atau membal. Sedangkan pengertian qalqalah menurut istilah adalah getaran suara ketika membaca kalimat yang didalamnya terdapat huruf berharakat sukun asli atau sukun waqaf. Huruf qalqalah sendiri ada 5 yaitu Ba', Jim, Dal, Tha', dan Qaf. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh qalqalah di bawah ini.

Bacaan qalqalah terbagi menjadi dua yaitu qalqalah sughra dan qalqalah kubra. Kali ini akan dijelaskan mengenai qalqalah sughra. Disebut bacaan qalqalah sughra apabila salah satu huruf qalqalah benar-benar bersukun asli atau bersukun di tengah. Cara membacanya menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang bersukun tersebut sehingga lafadnya memantul dengan kuat dan jelas.

Contoh qalqalah sughra dengan huruf tha' bisa Anda lihat pada surat Al Quraisy ayat 4. Sedangkan untuk contoh huruf Ba bisa Anda jumpai pada surat Al Kautsar ayat 3.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Qalqalah Sugra

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top