Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 13 Agustus 2016

Contoh Wangsalan Tunggal

Wangsalan adalah salah satu bahasa kebudayaan jawa yang harus dijaga dan dikenalkan pada generasi muda yang semakin jauh semakin melupakan bahasa daerah. Meski Negara Indonesia ini sendiri mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan bahasa Ibu yaitu bahasa Indonesia namun hal tersebut bukan berarti bahwa Anda dapat meninggalkan bahasa daerah anda.

Salah satu budaya bahasa jawa tersebut adalah wangsalan yang dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu wangsalan tunggal, wangsalan rangkap, wangsalan literer, dan wangsalan lamba. Ulasan pada kali ini akan fokus membahas wangsalan tunggal. Bagi anda yang ingin mempelajarinya lebih jauh maka langsung saja simak Contoh Wangsalan yang ada dibawah ini.
Contoh Wangsalan

Contoh Wangsalan Tunggal

Sebelum anda mengetahui bagaimana Contoh Wangsalan maka akan jauh lebih baik jika anda mengerti lebih dulu apa itu wangsalan tunggal. Jadi wangsalan tunggal ini adalah kalimat wangsalan yang dibuat hanya 1 bagiansaja. Contoh dari wangsalan tunggal itu sendiri yaitu, 'janur gunung'. Maknanya adalah daun kelapa gunung, aren - kadingaren 'tumben'.

Contoh Wangsalan lainnya yaitu 'wader bungkuk'. Makna dari wangsalan tersebut yaitu wader (sejenis ikan sungai), bonkok - urang 'kurang'. Contoh selanjutnya yaitu 'angklung yang artinya adalah alat musik bambu - cengklungan 'lama sekali'. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari Contoh Wangsalan tunggal yang hanya dibuat dengan sedikit kalimat namun memiliki artian yang sangat panjang dan kalimatnya sangat berkaitan.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Wangsalan Tunggal

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top