Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Jumat, 02 September 2016

Contoh Besaran Turunan Massa Jenis

Besaran pokok dan besaran turunan merupakan dua hal yang akan selalu dibahas dalam Fisika. Dari besaran pokok dan contoh besaran turunan itulah nantinya sahabat bisa tahu mengenai rumus-rumus dasar dalam mata pelajaran yang satu ini. Kemudian, untuk besaran pokok itu sendiri adalah sebuah besaran dengan satuan berjumlah 1.

Dalam hal ini, besaran pokok akan menjadi besaran yang membentuk besaran turunan lain. Untuk contohnya ialah banyak zat (mol), intensitas cahaya (cd), panjang (m), suhu (K), kuat arus listrik (A), massa (kg) dan waktu (s). Lalu, bagaimana dengan contoh besaran tersebut? Jangan kuatir, inilah ulasannya untuk sahabat.

Contoh Besaran Turunan


Contoh Besaran Turunan Massa Jenis

Besaran turunan itu sendiri ialah besaran yang terbentuk dari beberapa besaran pokok. Dalam hal ini, besaran turunan tersebut akan memiliki lebih dari satuan besaran berikut. Contoh besaran turunan adalah masa jenis. Untuk mencari massa jenis, sahabat harus tahu dulu berapa massa (kg) dan volumenya terlebih dahulu. Volume = panjang (m) × lebar (m) × tinggi (m) sehingga satuannya adalah m3. Maka, untuk massa jenisnya ialah dari massa (kg) dibagi dengan volume (m3) yang membuat satuannya ialah kg/m3.

Ada contoh besaran turunan lain yang bisa sahabat jelaskan sebenarnya seperti luas (m2), kecepatan (m/s), percepatan (m/s2), gaya (N), usaha (J) dan masih banyak lagi. Semoga ulasannya bermanfaat untuk sahabat.
Author Profile

About Unknown

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Besaran Turunan Massa Jenis

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top